SISWA SMA NEGERI 1 BOJONEGORO BERHASIL RAIH GOLD CHAMPION PADA BRAIN CHALLENGE EAST JAVA GREEN SCOUT INNOVATION (EJGSI) 2020

 SISWA SMA NEGERI 1 BOJONEGORO BERHASIL RAIH 

GOLD CHAMPION PADA BRAIN CHALLENGE EAST JAVA GREEN 

SCOUT INNOVATION (EJGSI) 2020



Seorang siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro bernama Muhammad Reza Firmasnyah ( kelas XII-4) berhasil meraih Gold Champion pada kategori Brain Challenge East Java Green Scout Innovation (EJGSI) 2020.

Brain Challenge East Java Green Scout Innovation Challenge merupakan perlombaan yang dilaksanakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur yang diperuntukkan bagi pramuka penegak se-Jawa Timur dalam rangkaian acara East Java Green Scout Innovation Challenge (EJGSI).

Perlombaan ini sendiri terdiri dari 3 babak yang berlangsung sejak bulan Agustus hingga November babak tersebut diantaranya yaitu : Babak 1 (Brain Challenge) , Babak 2 (Planning Challenge) , Babak 3 (Business Plan Project).

Pada pembuatan inovasi bisnis, Muhammad Reza mengambil salah satu keanekaragaman hayati kota Bojonegoro yaitu Singkong. Baginya minuman kekinian kurang bergizi dan kurang memaksimalkan potensi kekayaan hayati. Maka dari itu ia membuat produk inovasi dengan nama “Fresh Delight”. Minuman tersebut merupakan susu dengan pilihan ada 3 rasa yaitu stroberi, melon , dan coklat. Yang membuatnya berbeda dengan minuman masa kini yaitu jika minuman masa kini menggunakan tepung tapioca sebagai boba, disini Reza memakai sari singkong untuk membuat jellynya.

Reza sendiri mendapatkan inspirasi ketika ia bosan melihat ibunya memasak singkong dengan cara yang sama yaitu direbus. Maka dari itu ia menciptakan inovasi minuman Fresh Delight ini. Selain ingin mencipatakan inovasi minuman bergizi ia juga ingin Fresh Delight menjadi promotor kekayaan hayati khas Bojonegoro yaitu singkong.

Selain membuat inovasi ia juga dituntut untuk mempromosikan dan menjualkan peroduknya kepada masyarakat sekitar. Tidak disangka hasilnya jauh di luar ekspektasi. Selama hampir 1 bulan berjualan ia sudah dapat memasarkan  kurang lebih 250 botol. Disisi lain juga ia harus membuat video presentasi yang di upload ke youtube untuk penilaian perlombaan.

Pemenang perlombaan ini dari kwartir cabang se-Jawa Timur digolongkan menjadi 3 kategori yaitu Gold, Sliver, dan Bronze Championship yang  diberikan bantuan biaya pendidikan.

Jika ingin melihat video presentasinya bisa klik Video Presentasi Fresh Delight